Selasa, 21 September 2010

keunikan khas kota Solo

keunikan khas Solo

Taman Budaya Sriwedari
Taman Budaya Sriwedari menjadi salah satu ciri khas Solo karena di sini terdapat gedung pertunjukan, khususnya pertunjukan wayang orang. Pentas wayang orang dilakukan setiap hari pada pukul 20.00 sampai 23.00 WIB. Tiketnya hanya Rp.3.000,00 per-orang. Biarpun penonton hanya sedikit, pertunjukan wayang orang Sriwedari tetap dipentaskan, keculai hari minggu.
Pasar klewer
Pasar Klewer dikenal sebagai pusat penjualan batik Solo. Pasar ini terkenal karena menjual batik dengan harga relatif murah. Tapi , jangan lupa menawar ya. Letak pasar Klewer tidak jauh dari Keraton Surakarta, berdekatan dengan alun-alun utara Masjid Agung Keraton.
Bengawan Solo
Bengawan Solo adalah nama sungai besar yang melintasi Solo. Sungai ini panjangnya sekitar 500 km dan merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Pada masa lalu, Bengawan Solo merupakan salah satu jalur transportasi penting untuk mengangkut hasil-hasil bumi dan barang dagangan. Pada musim hujan, sungai ini sering meluap sehingga menggenangi rendah dataran rendah di daerah muara Laut Jawa. Bengawan Solo juga mengilhami mendiang Gesang untuk menciptakan kagu Keroncong Bengawan Solo yang populer di kalangan or ang tua kita.
Pusat Oleh-Oleh Kalilarangan
Di sinilah tempat kita membeli aneka oleh-oleh makanan khas Solo. Lokasinya di Jalan Kalilarangan. Makanan yang khas di sini, antara lain intip, keripik usus ayam, keripik ceker ayam, dan abon sapi. Jika membeli makanan ringan seperti ini, jangan lupa meneliti tanggal kadaluwarsanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar